Pages

Search This Blog

Translate

Pear / Apple Struddle

Suhu masih dingin meski kelihatannya musim semi sudah mulai mengintip di balik pintu musim. Mengapa tidak mencoba membuat struddle hangat untuk menemani anda minum kopi. 






Saya mendapatkan resep ini dari teman dan telah saya coba beberapa kali. Berikut ini struddle dengan sedikit twist ala saya, sangat cepat dan mudah membuatnya.


Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 3 buah apple atau 3 buah pear, cuci bersih, kupas kulitnya dan buang biji serta bagian keras di tengah-nya, iris tipis.
  • 2 sendok makan raisins
  • 1 adonan pastry siap pakai, biasanya saya memakai LaSpoglia merk Buitoni rectangolare (kotak) atau rotonda (bundar), dapat dibeli di supermarket setempat.
  • 25 gr mentega tawar
  • 3 sendok makan gula merah bubuk
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1 telur, ambil bagian putih telurnya untuk mengoles adonan  
  • 50 gr icing sugar (gula halus) untuk taburan




Cara membuat :

  1. Panaskan wajan anti lengket diatas api sedang, masukkan mentega hingga meleleh.
  2. Masukkan irisan buah, aduk rata hingga buah layu, agak berair dan berwarna kecoklatan.
  3. Tambahkan raisins, gula merah dan kayu manis. Aduk hingga merata, biarkan diatas api hingga buah empuk dan air gula dalam wajan terlihat mengental. 
  4. Angkat dan biarkan mendingin.
  5. Siapkan adonan di atas nampan oven, tuang buah yang telah dimasak ke atas adonan, ratakan di bagian tengah memanjang, agar adonan bagian sisi adonan dapat dilipat dan lipatannya cukup menutup rapat seluruh buah.
  6. Ambil putih telur, sapukan dengan sikat kue ke bagian atas adonan. Iris-iris sedikit bagian atas adonan dengan jarak 2cm (irisan ini untuk memberi celah agar adonan tidak pecah saat dipanggang dalam oven)
  7. Struddle ini siap untuk dipanggang dalam oven hingga kecoklatan, suhu 200 derajat Celcius, selama 15 menit.


Cara menyajikan :

Taburkan icing sugar diatas struddle, potong sesuai selera dan sajikan diatas piring kecil dengan 1 scoop ice cream/gelato favorit anda (jika suka).
Nikmati struddle ini selagi hangat bersama espresso. Lezato! 



Selamat mencoba.