Pages

Search This Blog

Translate

Rujak Manis_Spicy Indonesian Fruit Salad


Orang Indonesia mana yang tak kenal rujak manis…(yang di Papua kenal gak yah? Hehe.. intro yg jayus).

  Rujak manis bisa dikatakan salad buah ala Indonesia berupa irisan buah-buahan segar yang dimakan dengan bumbu gula jawa merah nan kental dan rame rasanya. Rujak manis termasuk cemilan yang menyegarkan di panas mentari tanah air. Sangat mudah membuatnya, sehat pula untuk dinikmati. Cemilan ini disukai siapa saja, karena tidak menggemukkan. Meskipun namanya 'manis', rasa sesungguhnya 'rame' seperti nanonano: manis, asam, asin, pedas sanggup menggoyang lidah dan membuat ketagihan. 

  Di negara tropis seperti Indonesia, kita sangat diberkati dengan kekayaan alam yang melimpah. Termasuk kayanya jenis buah-buahan dan sayur-sayuran.  Jenis buah-buahan yang biasa disajikan dalam rujak manis adalah mangga muda atau pencit yang masih ranum dan lumayan mantap rasa asamnya. Selain mangga muda, bengkuang, papaya muda, nanas, jambu air dan ketimun juga sangat disukai.

  


Sejauh yang saya ketahui, rujak manis berbeda di beberapa daerah.  (Yang saya sebutkan cuma 2 daerah ajah....yang di Kalimantan, Sulawesi dan daerah lainnya....ditunggu masukan teman-teman ya. :)

Di Surabaya atau Jawa Timur dan Jawa Tengah pada umumnya, selain menggunakan irisan buah-buahan, rujak manis biasanya juga menyajikan irisan tipis tahu goreng. Sedangkan untuk bahan bumbu rujak biasanya menggunakan campuran kacang tanah goreng yang ditumbuk dan irisan pisang hijau.

Di Jawa Barat, rujak manis hanya menyajikan irisan buah-buahan segar tanpa tambahan tahu goreng. Bumbu rujak manispun umumnya dibuat tanpa tambahan kacang tanah goreng tumbuk.
Bagi saya sendiri, mungkin karena latar belakang keluarga yang dari Jawa Barat, lalapan sayur segar dan buah-buah segar adalah makanan sehari-hari, sehingga saya kurang menyukai goreng-gorengan. Jadi meskipun saya tumbuh besar di Surabaya, saya lebih menyukai rujak manis tanpa mencampurnya dengan bahan-bahan yang digoreng.


Ini dia resep rujak manis langsung dari dapur kecil Jossi

Rujak Manis versi Jawa Timuran


Untuk 10 porsi

Bahan-bahan:

Buah-buahan segar, dicuci bersih, kupas kulitnya, iris tipis-tipis, dinginkan di lemari es :

2 mangga muda
1 papaya muda ukuran kecil
2 apel
2 pear hijau
2 mentimun
1/2 nanas matang
tahu goreng secukupnya (jika suka, bisa dibeli di toko asia)

Bumbu rujak :

gula jawa merah yg sudah ditumbuk secukupnya (dijual dalam bungkus plastic di toko asia)
½ bawang merah
1 sdt garam
1 sdt terasi (dijual dalam pot di toko asia)
½ sdt asam jawa (dijual dalam plastic di toko asia)
cabe rawit sesuai selera (tersedia juga di toko asia, kalo susah pakai aja cabe hijau besar picante)
air untuk mencairkan
2 sdm kacang tanah yang telah digoreng(tersedia siap pakai dalam pot di supermarket)


Cara membuat:
Jika anda menggunakan cara tradisional dengan cobek beserta ulekan untuk mengulek bahan-bahan bumbu.


Ikutilah langkah-langkah berikut :

Langkah mengulek:

Pertama-tama, uleklah terlebih dulu seluruh  bawang merah,cabai rawit dan garam. Tekstur garam yang kasar akan membantu memudahkan bawang dan cabai hancur.  

Setelah cabai hancur, tambahkan terasi dan asam jawa, ulek kembali agar tercampur rata.
Tambahkan gula merah secara bertahap, lumat kembali dengan pengulek agar semua bahan tercampur rata.
Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga bumbu mencapai kekentalan yang dikehendaki.
Pindahkan bumbu kedalam piring cekung.

Langkah berikutnya, memakai cobek dan ulekan yang sama, tumbuk/ulek kacang tanah yang telah digoreng hingga cukup halus menjadi serpihan-serpihan kecil. Tambahkan kedalam bumbu rujak, aduk agar merata.


Tips :

Apel adalah buah yang cepat teroksidasi dengan udara, sehingga setelah dikupas atau dipotong warnanya akan menjadi kecoklatan. Agar irisan apel tetap segar, siapkan air bersih yang dicampur dengan 1 sdm garam, aduk. Kupas apel, masukkan buah apel yang telah dikupas ke dalam air garam.  Iris buah apel yang telah dikupas, masukkan kembali seluruh irisan apel ke dalam air garam. Rendam dalam irisan apel selama 5 menit, tiriskan. Dinginkan irisan apel dalam lemari es.

Jika anda menggunakan food processor, maka anda cukup menggiling bawang merah, cabai rawit dan kacang tanahnya saja. Sedangkan terasi, asam jawa, dan air akan lebih nikmat hasil rasanya jika anda campurkan diatas cobek dengan memakai ulekan.

Saran penyajian :

Sajikan irisan buah-buahan dan tahu goreng diatas piring, siram dengan bumbu rujak secukupnya. 

Selamat menikmati! Hati-hati kepedasan ^___^