Pages

Search This Blog

Translate

Es Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau adalah salah satu kudapan sederhana, namun banyak digemari di Indonesia. Dapat dihidangkan dan dinikmati panas ataupun dingin, tergantung selera. 

 

Bubur kacang hijau santan yang disajikan dingin dengan es serut, merupakan favorit saya semasa sekolah di SMU. Setiap usai sekolah, hampir dapat dipastikan kami nongrong di kedai bakso atau di kedai bubur kacang hijau. Mayoritas kami pasti memesan langsung semangkok bakso dan semangkok bubur kacang hijau. Bakso yang lezat diakhiri dengan bubur kacang hijau yang disajikan dingin dengan es serut, mengenyangkan dan sangat menyegarkan di tengah hari yang panas di Surabaya.

 

Masih segar dalam ingatan saya, saat yang selalu ditunggu-tunggu oleh saya dan teman-teman yaitu saat usai sekolah. Kami biasanya selalu sepakat untuk langsung menyerbu kedai es kacang hijau yang terletak di depan pintu gerbang sekolah dan berdampingan dengan kedai bakso Kalianyar. Pada waktu itu, dua jajanan ini adalah yang paling digemari dan paling banyak peminatnya hingga sering harus antri. Namun tak pernah mengurangi semangat siswa-siswi yang lapar, haus dan kepanasan untuk antri menanti walau panas terik sekalipun. Karena kami tahu betapa nantinya bakso yang lezat dan es kacang hijau yang nikmat akan memuaskan lapar dan dahaga kami.

 

Berikut cara membuat bubur kacang hijau

Bahan :

  • Kacang hijau 250 g, cuci bersih dan rendam selama 2 jam
  • Air 2 L
  • Gula merah 100 g, cincang halus
  • Santan kental 150 ml
  • Gula pasir 4 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Jahe 2 cm, memarkan
  • Daun pandan 2 lembar (optional)

Cara membuat :

  1. Kacang hijau yang sudah direndam selama 2 jam kemudian direbus dengan 1 L air hingga matang dan empuk. Sisihkan.
  2. Rebus gula merah dan gula pasir dengan 500 ml air. Tunggu hingga larut.
  3. Setelah gula merah dan gula pasir larut dan mendidih, tuang ke dalam air rebusan kacang hijau dengan memakai saringan.
  4. Rebus kembali kacang hijau dan masukkan pula daun pandan. Aduk hingga rata. Angkat.
  5. Rebus santan dalam panci terpisah, masukan jahe dan garam. Aduk hingga rata. Aduk hingga santan mendidih. Angkat.

    Cara penyajian :

    Sajikan bubur kacang hijau secukupnya dalam mangkuk, tambahkan 1 atau 2 sendok makan santan di atasnya. Tambahkan es serut (jika tidak ada alat serut, dapat juga menambahkan es batu yang sudah diremukkan) secukupnya.

    Jika suka, dapat ditambahkan susu kental manis dan serutan kelapa muda sesuai selera.

     

    Selamat mencoba!